Dalam menindaklanjuti arahan pemerintah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dirumah. Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang memfasilitasi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya (tesis) dengan melakukan pelaksanaan ujian tesis secara online.

Dr. Amir Rusdi, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam dalam menetepkan penyelenggarakan ujian tesis secara online mengatakan, “Walaupun sedang dalam masa pandemi, kita harus tetap memfasilitasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Segala bentuk kegiatan kita harus lakukan mulai dari bimbingan tesis secara online melalui whatsapp maupun email agar mempermudah mahasiswa dalam penggunaannya. Untuk itu kita harus menggelar ujian tesis secara online dalam mendukung mahasiswa yang akan menyelesaikan masa studi tepat waktu”.
Mahasiswa yang akan mengikuti ujian tesis harus mengikuti mekanisme yang telah ditentukan program studi. Setelah melalui mekanisme dalam mengikuti ujian tesis, mahasiswa harus melakukan pendaftaran ujian tesis kepada staff administrasi. Jadwal ujian tesis akan disampaikan oleh staff administrasi dan pelaksanaannya akan menggunakan menggunakan aplikasi Virtual Meeting, Zoom Meeting, atau aplikasi lain yang mendukung.